Refleksi Akhir Tahun 2017

Tak terasa sungguh benar-benar tak terasa, kita semua telah berada di penghujung dari tahun 2017, tentunya telah banyak terjadi kejadian-kejadian baik senang maupun sedih yang melanda. Masa-masa tahun 2017 pun akan berganti dengan tahun 2018. Kira-kira, dalam kurun 1 tahun terakhir ini, apakah segala impianmu telah terwujud didalamnya? Pastinya ada yang terwujud, dan ada pula yang tidak ya. Tak mengapa, hal itu sudah wajar kok!

Bagi siapapun yang berhasil mencapai impiannya dalam tahun ini, maka “congratulations for you”, tapi bagi kalian yang belum mencapainya, jangan bersedih dan tetap semangat menggapainya. Tahukah kamu, bahwa kegagalan kita dalam menggapai impian tersebut disebabkan oleh beberapa sebab yang sebenarnya sudah kita ketahui namun justru kita lalai terhadapnya? Berikut ini merupakan beberapa hal yang menyebabkan impian kita tak terwujud.

Perencanaan yang kurang matang


Ada orang yang bilang bahwa “seseorang yang gagal dalam membuat perencanaan, sebenarnya dia sedang merencakan suatu kegagalan”. Ucapan ini menyatakan bahwa jika memang hal yang kita inginkan tidak direncanakan sebelumnya, maka hasilnya pun tidak akan memuaskan.

Bilamana apa yang kita impikan itu tidak tercapai, maka lihatlah kembali tentang seperti apa dan bagaimana perencanaan yang kamu siapkan untuk mencapai impian tersebut? Jika perencanaannya saja tidak karuan, maka jangan salahkan siapapun, karena memang kegagalan tersebut berasal dari dirimu sendiri.  


Pelaksanaan ke arah impian yang tak karuan

Faktor kegagalan yang kedua adalah pelaksanaan yang tidak karuan. Hal ini sangat jelas mempengaruhi terjadi tidaknya impian yang kita harapkan. Bagaimana impian kita mau terjadi, bilaman kita sendiri tidak melakukan apa-apa. Jangan pernah kita berangan-angan besar, jika hal-hal yang kita lakukan adalah sekedar hal-hal kecil saja. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa siapapun yang ingin menggapai kesuksesan, diperlukan segala macam daya dan usaha yang besar dan konsisten agar menjadi insan yang sukses. 

Tidak melakukan evaluasi diri

Faktor kegagaln yang ketiga adalah tidak adanya keinganan untuk mengevaluasi diri sendiri. Seseorang yang sukses, sudah tentu dia sering mengalami kegagalan demi kegagalan sebelum dia tumbuh menjadi orang yang sukses. Hal penting yang menjadikannya sukses adalah kemauan dia untuk meninjau hal-hal yang telah dilakukannya dalam menggapai kesuksesan, dimana dia akan mereduksi segala kegiatan yang dapat menghambatnya, lalu mencari solusinya bersiklus-siklus. Nah, jika kita sendiri tak pernah melakukan evaluasi diri, maka apakah kita bisa mengetahui langkah-langkah keliru yang kita lakukan saat ingin menggapai impian kita? Tentu saja tidak bisa.

Kiranya ini dulu ya, semoga memberi manfaat. Silakan comment apabila ingin sharing bersama.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.